Rabu, 06 Oktober 2010

SETTING PRINTER DI UBUNTU

August 7th, 2010
Bagi rekanz yang pakai Ubuntu (atau distro Linux) lainnya dan mengalami kesulitan dalam mengakses printer yang dipasang di komputer M$ Windows (untuk Ubuntu, pesan yang sering terjadi adalah : “Unable to connect to SAMBA host, will retry in 60 seconds… ERROR dst”)
bisa ikuti tips berikut :
1. Sharing printer anda yang ada di M$ Windows. Beri nama share yang mudah.
2. Cari tahu IP Address komputer M$ Windows (bisa dengan START | RUN | IPConfig atau lihat di property My Network Places)
3. Klik START | CONTROL PANEL | ADD REMOVE PROGRAMS | ADD WINDOWS COMPONENTS dan aktifkan NETWORK FILE & PRINT SERVICES
4. Setting Printer di Ubuntu, pilih UNIX LPD PRINTER. Isi HOST dengan IP Address komputer M$ Windows dan QUEUE NAME dengan nama share printer.
Hal ini bisa dijadikan alternatif jika setting Samba tidak berhasil melakukan koneksi ke printer M$ Windows. Saya sudah melakukan ujicoba dengan Ubuntu 5.04 Hoary terhadap M$ Windows 2000 Prof.
bagi teman-teman yang mengunakan open office di Ubuntu dalam bekerja trus ingin langsung memprint dari Ubuntu,tapi belum tau caranya maka saya akan coba berbagi cara menginstall printer di Ubuntu
caranya adalah sebagai berikut :
catatan:
Ubuntu saya mengunakan bahasa Indonesia jadi nama/perintah yang saya gunakan adalah nama/perintah dalam indonesia
(kalo Ubuntu temen-temen yang pake bahasa inggris artikan aj sendiri ya…)
1. Colok Printer ke komputer (kali ini saya mengunakan HP deskjet 3920)
pilihlah menu Sistem > Administrasi > Mencetak
2.Dobel klik New Printer untuk mulai menambah printer
3.Beberapa saat akan muncul tampilan kecil yang menyatakan sedang mengakses basis data pencetak yang ada,apabila terdapat pesan kesalahan,pastikan bahwa layanan pencetak (cupsys) dalam keadaan aktif
(Cek melalui menu sistem > Administrasi > layanan)
4.Tampilan berikut untuk menentukan jenis printer yang digunakan (biasanya printer kita langsung terdetect)lalu klik Maju
5.Tampilan berikutnya berisi penentuan driver yang akan dipakai sesuai dengan jenis pencetak yang terpasang.Biasanya driver sudah terdeteksi secara otomatis.Tekan maju untuk melanjutkan proses pemasangan.
6.Tampilan berikutnya berisi tampilan untuk menambah informasi tambahan bahan yang mungkin akan ditambahkan pada pencetak tersebut.Isilah sesuai keinginan kita dan tekan tombol terapkan untuk menyelesaikan proses pemasangan printer.
7.Setelah proses pemasangan selesai maka akan mumcul icon printer baru lengkap dengan status pencetak tersebut sekarang ini
8.Silakan mencetak sebuah halaman untuk menguji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar